Borneo Kalbar

Bupati Sekadau Resmikan Masjid Agung Sultan Anum

Peresmian Masjid Agung Sultan Anum Sekadau. (Foto:ist)
Sekadau Kalbar, Borneokalbar.com - Masjid Agung Sultan Anum, yang terletak di kilometer 7 Jalan Sekadau-Sintang, hari ini Minggu (4/8/2024) diresmikan oleh Bupati Sekadau, Aron SH. Masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Sekadau ini mulai dibangun pada tahun 2016. Acara peresmian ini ditandai dengan pemukulan beduk serta penandatanganan prasasti oleh Bupati Aron SH.


Masjid yang memiliki luas 3.000 meter persegi ini diperkirakan dapat menampung hingga 3.000 jamaah. Dalam sambutannya, Bupati Sekadau Aron SH mengatakan bahwa peresmian Masjid Agung Sultan Anum ini akan menjadi sejarah yang tak terlupakan bagi Kabupaten Sekadau. 

"Masjid Agung Sultan Anum ini menjadi kebanggaan bagi kita semua, apalagi letaknya sangat strategis di tepi jalan raya," ujarnya.

Bupati juga berharap agar masjid ini dikelola dengan baik oleh pengurus yang baru dilantik beberapa waktu lalu agar dapat berfungsi optimal.


"Pemda secara bertahap akan melakukan penataan halaman masjid mulai dari anggaran tahun depan, dan dana operasional masjid juga akan ditanggung oleh Pemda," ungkapnya.

Aron juga berterima kasih kepada para tamu undangan dan jamaah yang hadir pada acara peresmian ini serta tablig akbar. Di akhir sambutannya, Aron mengucapkan selamat datang di Bumi Lawang Kuari kepada Ustadz Al Habsyi yang bersedia hadir dalam acara ini.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Sekadau, Muhammad Isa, yang juga merupakan Ketua Panitia Peresmian Masjid Agung ini, dalam sambutannya menjelaskan bahwa bangunan masjid ini memiliki keunikan tersendiri. 

"Kelima kubah besar di dalam ruangan masjid ini terbuat dari kayu belian atau kayu ulin," jelasnya.

Isa juga menambahkan bahwa pembangunan masjid ini merupakan jawaban atas aspirasi masyarakat, terutama umat Muslim Kabupaten Sekadau.

 "Ini adalah wujud mimpi kita bersama untuk memiliki masjid agung. Mari kita manfaatkan momentum ini untuk mewujudkan masyarakat yang religius dan harmonis dengan hidup yang toleransi sesama umat beragama, khususnya di Kabupaten Sekadau yang kita cintai," tandasnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Forkopimda, pengurus masjid, serta ribuan jamaah umat Muslim Kabupaten Sekadau. Ustadz Ahmad Al Habsyi turut hadir sebagai penceramah dalam acara tersebut. (Isw/yt)

Tinggalkan Komentar

Back Next